Memuat...

MOTIVASI

PENUNDAAN ADALAH MAKAM YANG PALING TEPAT UNTUK MENGUBUR SELURUH IMPIAN ANDA

Senin, 31 Oktober 2011

HIKMAH DILARANGNYA MONEYGAME (RIBA)


Jika Seorang (katakanlah petani A) dengan modal investasi Rp 10 juta, dan Return of Investment (ROI) 3 % perhari dipastikan di depan, selama 100 hari kerja (5 hari dalam sepekan). Maka Petani A akan memperoleh 3% x Rp. 10 jt = Rp. 300.000 / hari, dan uangnya dapat diambil perhari atau lebih.

Seminggu kemudian Teman Petani A kebetulan pembuat Tempe, bapak B datang ke tempat pak Tani A. Terjadi dialog spt berikut:

B : Kok gak pergi ke sawah?
A : Gak lg, sy sudah jarang ke sawah, sy investasi Rp. 10 jt aja, duduk2 dapat hasil

B : Maksudnya bgm?
A : Penghasilanku 300rb/hari kerja, seminggu Rp. 1,5 jt, jd sebulan Rp. 6 jt

B : Wah enakya, selama berapa hari dibayar?
A : Selama 100 hari kerja. Boleh nyambung lagi, bahkan bisa ambil lebih 1 paket

B : Aku ikutanlah, besok spd motorku ku gadaikan aja
A : Aku sudah dapat Rp 1,5 jt nih, ini buktinya masuk ke rekening
Kalo ajak teman dapat lagi 10% dari investasinya, asyikkan?

Hari demi hari, si A dan si B mulai mengajak teman2 nya (biasanya kalangan yg sama dulu, Petani & Tempe). Hampir semua kalangan mereka masuk dan menampakkan hasil.

Tak lama 6 bulan kemudian, ibu C pergi ke pasar mau beli beras dan tempe, tp tak satupun pedagang (Tempe & Beras) dijumpainya. Dia bertanya pada pedagang sayuran di sebelah, bapak D.

C : Kok gak ada yg jual tempe
D : Iya bu, mereka sdh "sukses" skrg.
Paguyuban Tkg Tempe se-kecamatan ini sudah tdk produksi tempe.
Mereka sering di kafe-kafe kumpulnya, dengan mobil barunya.

C : Yg jual beras?
D : sama juga bu, paguyuban penjual beras jg sama,
sy juga sudah mulai bosan jual sayuran. Sy mulai berpenghasilan Rp 300rb/hr

Dari cerita di atas, dapat diprediksi orang tidak akan mau lagi susah payah dan bekerja. Akhirnya terjadilah Chaos (kekacauan), beli tempe susah, beli beras susah, beli sayur susah, dan yg pasti harganya meroket.

Nah, jk barang sulit di dapat, harga meroket, apa gunanya penghasilan 300rb/hari, kalo beras 1 kg = Rp. 20.000, 1 potong tempe = Rp. 5000, 1 ikat Bayam = Rp. 10.000 ? Mungkin 1 kg ikan = Rp. 75.000, gula 1 kg = Rp. 50.000.
Wuihhhhh !

Dengan kata lain, kestabilan ekonomi dan keuangan ditentukan dari adanya pertukaran barang dan jasa, saling mutualisme (membutuhkan & untung).

ANALISIS LANJUTAN

Dengan sistem yg dipastikan didepan hasilnya, maka dapat dipastikan pula dari mana datang dananya?
# DARI MEMBER YANG BELAKANGAN MASUK
# DARI MEMBER YANG INGIN MENGULANGI INVESTASINYA

DARI PERBANDINGAN 1 MENJADI 3 KALI LIPAT (300% dalam 100 hari), maka dibutuhkan 3 orang nasabah/investor baru untuk membayar 1 org Investor lama tiap 100 hari.

Mari kita lihat Matrix 3 ^ n (baca: 3 pangkat n):

Nasabah Generasi 0 = 1 org
Nasabah Generasi 1 = 3
Nasabah Generasi 2 = 9
Nasabah Generasi 3 = 27
Nasabah Generasi 4 = 81
...
Nasabah Generasi 10 = 59,049 org
Nasabah Generasi 15 = 14,348,907 org wow ...
Nasabah Generasi 20 = 3,486,784,401 (3,4 Miyar org) ???

Dalam sebuah Hadits disebutkan, "orang yang memakan RIBA sama dengan BERZINA dengan Ibukandungnya sendiri".

Lho, sebegitunya?
Terbayang gak, seorang ibu punya anak, dia panggil nak...
Hasil perzinahanan dgn ibunya, lahir anak lg.
Si ibu memanggil anaknya/cucunya dengan nak lg
Si anak yg juga sekaligus "si Ayah" memanggil anaknya apa?
Si anak yg jug sekalian ayah, memanggil apa ibunya?

Wuoiiih... Kacau!!
Induknya 1, anaknya menjadi anak beranak. Mirip dengan rentenir dan jg kartu kredit yg tidak dibayar lunas bulanannya (bayar 10% dari sisa tagihan). Dalam Matematika ini dapat pelajari pada bagian limit sebagai differensial.

Semoga tercerahkan, wallahu A'lam...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar